img_head
BERITA

SOSIALISASI NEW NORMAL DALAM KABUPATEN ACEH TIMUR

Jun18

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 17 Kali


Humas/IT : Hakim Juru Bicara Pengadilan Negeri Idi, Bapak Tri Purnama, S.H. mewakili Ketua Pengadilan Negeri Idi menghadiri acara “Sosialisasi New Normal dalam Kabupaten Aceh Timur” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Timur pada hari Rabu, 17 Juni 2020, Pukul 10.00 WIB bertempat di Aula Gedung Serbaguna Setdakab Aceh Timur.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten II Setdakab Aceh Timur, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Aceh Timur, Direktur RSUD Zubir Mahmud, Kepala BPBD Aceh Timur, dan perwakilan instansi pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur. Turut hadir pula organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan diantaranya FKPPI, Lembaga Anti Narkoba, HMI, KNPI, FPI, Persatuan Wartawan Online, LAKI, Persatuan Wartawan Aceh Timur (Pesawat) dan lapisan masyarakat sipil Aceh Timur.

Dalam sambutannya, Juru Bicara Pengadilan Negeri Idi menyampaikan bahwa Mahkamah Agung Republik Indonesia telah melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan peradilan dengan mengeluarkan SEMA No. 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Di Bawahnya pada tanggal 23 Maret 2020. SEMA tersebut menjadi acuan penyelenggaraan peradilan di tengah masa pandemi Covid-19 diantaranya dengan melakukan penyesuaian sistem kerja bagi Hakim dan Aparatur Peradilan yaitu dengan memberi kesempatan untuk menjalankan tugas kedinasan di rumah (work from home) secara bergiliran, tidak menggunakan Fingerprint Attendance Machine, menjaga jarak aman dan selalu menggunakan masker serta menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh, tempat mencuci tangan di setiap pintu masuk kantor dilengkapi dengan sabun anti septik cair, dan hand sanitizer di setiap pintu masuk kantor dan ruang sidang. Pengadilan Negeri Idi telah pula menerapkan hal-hal tersebut untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Pengadilan Negeri Idi secara khusus dan bagi masyarakat Aceh Timur pada umumnya.

Lebih lanjut, menyikapi perkembangan penyebaran Covid-19 serta memperhatikan kebijakan pemerintah dalam menyusun Tatanan Normal Baru, Mahkamah Agung Republik Indonesia mengeluarkan SEMA No. 6 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Di Bawahnya Dalam Tatanan Normal Baru. Berdasarkan SEMA tersebut, Pengadilan Negeri Idi dalam memberikan pelayanan  terbaik bagi masyarakat pencari  keadilan di Aceh Timur dalam menyongsong Tatanan Normal Baru tetap memperhatikan protokol kesehatan, yakni dengan mewajibkan para Hakim, Aparatur Peradilan dan pengunjung untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki gedung pengadilan dan menggunakan masker. Guna menjamin kelancaran penyelenggaraan pelayanan peradilan, Pengadilan Negeri Idi memaksimalkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan membuka media komunikasi online sebagai sarana konsultasi baik melalui akun Instagram @pn.idi dan Facebook Pengadilan Negeri Idi. Dengan demikian, masyarakat Aceh Timur yang memerlukan informasi tentang pelayanan pengadilan dapat langsung berinteraksi melalui media tersebut tanpa perlu datang ke gedung Pengadilan Negeri Idi.

#PNIdi #BISA #NewNormal #AcehTimur

  • Galeri